Elementary OS, Distro Linux Paling Indah Versi Saya

elementary_os_terbaik
Apakah os yang saat ini sedang anda gunakan..? Microsoft Windows, Mac, ataukah Linux..? Memang masih ada beberapa operating system untuk komputer yang tidak saya sebutkan, hanya saja 3 sistem operasi tadi adalah
yang paling populer dan banyak di gunakan oleh para pengguna di seluruh dunia. Dan satu yang jadi nomer satu dengan pengguna terbanyaknya adalah Microsoft Windows yang saat ini memiliki Windows 10 untuk versi terbarunya.

Dari tiga OS yang sudah saya sebutkan diatas hanya Linux lah satu-satunya yang bisa kita dapatkan secara gratis dan lebih populer dari dulu sebagai os yang bisa membuat komputer jadi kebal virus. Jadi kita bisa dengan bebas masuk ke website pengembangnya, download, lalu memasangnya di komputer desktop ataupun laptop kita tanpa harus terbebani lisensi atau pelanggaran hak cipta.

Pada artikel ini sengaja saya hanya akan membahas salah satu distro Linux saja. Walaupun memang ada banyak sekali nama-nama distro yang di bangun di atas sistem berbasis Linux. Seperti pada judul artikel ini bahwa saya akan sedikit mengulas distro Linux yang memiliki tampilan desain paling bagus dan paling cantik, jadi saya hanya akan menuliskan tentang elementary saja.

Kenapa saya mengatakan bahwa Elementary OS adalah distro Linux dengan desain dan tampilan paling indah dan paling bagus..? Silahkan anda lihat pada gambar dibawah ini.

tampilan_distro_linux_
Seperti yang anda bisa lihat pada gambar diatas, bahwa tampilannya user interface itu mirip sekali dengan mac os (macintosh) kepunyaan apple. Dan itu adalah hasil dari screenshot Elementary Os 0.3.2 Freya (64 bit) Built in Ubuntu 14.04 LTS.

Ketika pertama kali anda install os ini memang hanya ada beberapa aplikasi bawaannya saja. Yaitu pemutar video, pemutar musik mp3, photo viewer, dan midori web browser.

Tidak seperti pada Zorin OS yang membundling langsung dengan paket aplikasi-aplikasi yang lebih lebih banyak komplit dengan office LibreOffice untuk keperluan perkantoran.

Meskipun begitu anda tidak perlu cemas, karena anda masih tetap bisa dengan mudah mendownloadnya manual secara gratis setelah proses instalasi osnya sudah selesai. Dan seperti pada screenshot yang saya ambil dari notebook atau laptop saya diatas, terlihat di menu bar dibawahnya ada beberapa software yang sudah saya instal seperti Gimp sebagai pengganti Adobe Photoshop untuk mengedit dan memanipulasi foto dan gambar, Google Chrome browser dan Mozilla Firefox untuk browsing ke internet, Inkscape untuk menggambar dan membuat animasi, serta Google Earth.

Cara install aplikasi di os Linux sendiri saya kira lebih mudah jika dibandingkan dengan install di komputer Mac dan Windows yang mengharuskan download filenya lalu klik next dan ikuti instruksi penginstallanya. Di Linux, tidaklah demikian karena kita hanya perlu mengetikan di terminal command atau perintah seperti sudo apt-get install bla.. bla.. bla.. sesuai dengan nama aplikasi ingin kita install.

Apakah saya bisa menginstall Elementary Os di komputer saya yang saat ini sedang running Microsoft Windows di dalamnya..? Jawabannya: Sangatlah bisa! bahkan distro Linux yang satu ini bisa juga di install di deskstop ataupun laptop apple yang sedang berjalan mac os didalamnya. Karena memang os tersebut sengaja di buat sebagai salah satu alternatif bagi pengguna yang ingin migrasi dan Windows dan juga dari Mac. Silahkan klik disini untuk meluncur langsung ke TKP distro Linux dengan desain tercantik dan terindahnya. Hope you will love it..

Komentar

  1. Sama, saya juga beberapa tahun belakangan ini stuck di eOS :D paling bikin suka itu karena app emailnya bisa realtime check kalau ada email baru :D ndak perlu login2 atau ngecek2 lagi hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, yang agan sebutkan merupakan salah satu dari kelebihan yang dimilikki OS Linux distro Elementary. Terima kasih telah berkomentar.

      Hapus

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.