Setor Tunai Di ATM Tapi Saldo Tidak Bertambah?

gagal_setor_tunai
Uang sudah masuk ke mesin ATM, struk yang menyatakan berhasil juga keluar namun saldo belum bertambah..? Tak usah cemas!!! karena uang anda tidak akan hilang!. Baru-baru ini (tepatnya 10 hari yang lalu) saya sudah mengalami kejadian seperti ini sendiri, ketika saya menyetorkan uang yang jumlahnya tidak banyak
memang, melalui mesin ATM setor tunai yang berada di dalam Bank BRI cabang Buncit Raya - Jakarta Selatan. Silahkan baca juga: cara ngurus ATM hilang dan modus hacker penipu mencuri uang ATM.

Ketika itu, tepatnya pada hari sabtu malam saya menyetorkan dana senilai 850.000 yang terdiri dari pecahan 50 ribuan sebanyak 17 lembar, setelah seminggu sebelumnya saya juga telah menyetorkan uang 1,5 juta di mesin ATM yang sama dan berhasil tanpa kendala.

Ketika saya memasukkan semua uang lembar saya ke mesin ATM, seperti biasa semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa anda satu lembar uang saya yang ditolak oleh mesin tersebut. Namun keanehan mulai saya rasakan ketika setelah struk yang menyatakan berhasil telah keluar, dan saya memilih pada option menu untuk tidak melakukan transaksi lainya namun tiba-tiba layar pada mesin tersebut seperti hang.

Bunyi putaran mesin juga terdengar mengeras, dan ini saya rasakan sangat tidak biasa karena kartu BRI BriTama saya juga lama sekali keluarnya hingga sempat terlintas di pikiran saya jangan-jangan sistem pada mesin tersebut sedang error dan kartu ATM tertelan di dalamnya tidak bisa keluar lagi.

Dan akhirnya, setelah kartu saya sudah keluar saya langsung meninggal tempat tersebut sambil meremas-remas struk dan membuangnya. Namun setelah beberapa menit berlalu sayapun merasakan hal yang aneh lagi. Karena belum mendapatkan sms masuk ke hp saya dari BankBRI yang berisi pemberitahuan tentang transaksi yang berhasil yang baru saja saya lakukan.

Bahkan setelah saya cek saldo, ternyata jumlahnyapun belum bertambah. Tampa pikir panjang lagi, langsung saya membeli paket nelpon ++ ke operator lain dan segera menelepon ke BRI Call Center di nomor 021-57-987-400 seperti yang tertera pada kartu Britama saya.

Setelah menunggu, mati, dial lagi, dan mati lagi karena semua customer service sedang melayani nasabah lain, akhirnya diangkat juga oleh salah seorang CSnya. Setelah saya menceritakan kronologi terjadi dana saya yang hingga kini belum masuk, CS tersebut membuatkan laporan agar segera di tindak lanjuti oleh tim teknisi resmi dari Bank BRI.

Beberapa pertanyaan yang harus saya jawab antaralain: tanggal dan waktu saat penyetoran dilakukan, terminal code untuk mesin ATM tempat saya setor. Dan karena hal ini juga saya harus balik lagi ke bank tersebut untuk menanyakan ke security dan melihat kodenya. Selain itu juga akan ditanyakan di kota mana dan cabang mana bank tersebut berada.

Dan dalam peristiwa ini saya tidak bisa menyebutkan kode transaksi yang lainya karena struk sudah terlanjur saya buang. Setelah laporan selesai dibuat, lalu saya disuruh mencantat nomer laporan untuk kasus saya untuk mempermudah jika saya menghubungi Call BRI kembali dan saya disuruh menunggu 1 hingga 10 hari sebelum menghubungi call BRI lagi.

 

 Dan ternyata memang benar, Alhamdulillah.. setelah tepat 10 hari, akhirnya sayapun mendapatkan sms pemberitahuan dari BankBRI yang menyatakan bahwa transaksi kredit tersebut telah berhasil dan saldo sayapun sudah bertambah setelah saya cek.

Sebelumnya saya juga sempat bertanya ke satpam sedang berjaga di dalam pada bank tersebut dengan pertanyaan "Pak, apakah pernah ada kasus semacam ini..?" lalu satpam menjawab: "Pernah Mas, tapi mas ga perlu kuatir karena duit mas pasti balik lagi, dan ini hanya karena trouble jaringannya aja".

Lalu terlintas juga di logika sederhana saya, bahwa sebenarnya transaksi setor saya pada mesin ATM tersebut sudah berhasil dan struk sudah keluar, hanya saja karena jaringanya yang terganggu maka data transaksi tersebut tidak bisa terkirim ke server pusat namun masih tetap tersimpan pada mesin tersebut. Jadi harus menunggu dari tim teknisi langsung yang membuka dan mengecek semua data transaksi pada mesin tersebut. Dan ternyata setelah 10 hari akhirnya semuanya teratasi.

Dan menurut saya, permasalahan seperti ini akan sama penanganannya  baik itu untuk ATM setor tunai BCA, BNI, Mandiri ataupun yang lainya. Dan buat anda yang kebetulan mempunyai pengalaman seperti ini silahkah untuk menuliskan pengalamannya pada kolom komentar dibawah agar menjadi informasi bagi pembaca lainnya. Terima kasih.

Komentar

  1. itu agan komplainnya ke CS pusatnya langsung, apa ke datang ke BANK bri nya juga gan? thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya komplain langsung ke call center pusat BRI di nomor yang tertera di kartu ATM saya Mba. Karena ketika saya mengalami peristiwa error tersebut waktunya sudah malam.

      Hapus
  2. INI saya juga ngalamin. Dan jumlahny lumayan banyak.uang yg harusnya sudah ktangan Pelanggan JD terspan d mesin ATM. Sedih bgt.
    Mana Pelanggan g mau tau pokokny harus d bayar .
    Klo kek gini kelamaan 10hr.
    Pinjaman aj telat sehari kena denda
    KNP g bisa langsung d proses ya..
    Kan ksalahan bukan pads nasabah. Harusny pihak bank harus lebih cekatan.
    #edisi curhat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin atas apa yang telah Mas Tutut Achmad alami. Tentunya semua nasabah juga berharap seperti Mas, jadi ketika ada laporan setor tunai yang bermasalah seharusnya pihak bank langsung investigasi dan melakukan pengecekan di sistem pusat dan juga turun ke lokasi ATM dengan cepat.

      Tapi faktanya harus nunggu berhari-hari dulu. Semoga saja kedepannya akan seperti itu Mas. Terima kasih Mas atas curhatnya.. :)

      Hapus
  3. Saya juga ngalamin, tpi sampai bari ini belum terproses saldo saya dari tgl 7 oktober kemarin, kan asemmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin Mas Wisnu. Setor tunai dan error dari tanggal 7 sampai sekarang udah 10 hari lebih Mas. Apakah dari tanggal 7 Mas sudah melapor..?

      Hapus
  4. saya kemaren tgl 20 okt 2016 setor tunai di CDM Mandiri, dana masuk tapi saldo tidak berubah, katanya ada gangguan sistem. coba ta urus via twitter @caremandiri akan di tindak lanjuti kurang lebih 14 hari. mau telp. HP ndak Bawa ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sharingnya gan, semoga sebelum 14 hari dana tersebut udah masuk ke nomor rekening agan.. :)

      Hapus
  5. saya melakukan transaksi setor tunai lewat mesin atm BCA,awalnya masih baik2 aja mesin tu,pada saat uang dimasukkan ke dalam mesin,langsung dgn cepat mesin tu tertutup,dan layar pun tiba2 tidak berfungsi,keluarlah selebaran kertas dari mesin tu yg menyatakan bahwa transaksi tidak dapat dilanjutkan dan hubungi call center untuk tindak lanjut,kartu atm pun lgsg keluar jg,tapi anehnya uang itu tidak ikut keluar,kalau pun mesin itu ada masalah sudah dipastikan kalau kartu pun ikut ditelan jg kan,kira2 uang yg sudah masuk dlm mesin itu apa akan masuk ke rekening sy atau bagaimana ya,aneh tp nyata,kejadian baru x ni jd shock sendiri,g abis dipikir sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf atas keterlambatan balasan saya.
      Kalau kejadiannya seperti itu, agan harus tetap langsung melaporkannya. Nanti kan akan ditanyakan oleh customer servicenya di mesin ATM dan dikantor bank BCA mana tuh gan. Biar selanjutkan tim IT resmi BCA yang akan langsung melakukan pengecekan.

      Hapus
  6. Dengan hal yg sama dengan saya saat ini, uang yg saya setorkan melalui mesin atm dengan nominal yg tidak besar.
    Apa yg harus lakukan untuk hal tersebut? #minta solusi
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam membalas.
      Iya gan, agan harus cepat langsung melaporkannya ke contact center bank tersebut atau datang langsung ke kantor cabang dimana mesin ATM tersebut berada. Terima kasih.. :)

      Hapus
  7. Ko bs secepat itu ya? Sy udh lbh dr 14hr kerja dan udh 2x nlp cs bni msh blm masuk jg uang sy:-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah lebih dari 14 dan ternyata uang Mba Yuli belum masuk ke rekening juga, langsung hubungi CS Bank BNI lagi aja Mba.

      Hapus
  8. Saya juga ngalamin pak, setor tunai tapi saldo tidak bertambah. Mana struknya enggal keluar lagi. Ya mudahan cepat di proses sekian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mas, asalkan sudah dilaporkan pasti akan diproses meskipun agak lama nunggunya.

      Hapus
  9. Saya juga ngalamin kejadian kaya gini..
    Setor tunai di mestin atm bni.
    Ktanya harus nunggu 14. Uang anda akan kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin Mas Agie, tapi dibulan Februari tahun 2017 ini mesin ATM setor tunai BNI banyak yang error rupanya..

      Hapus
  10. Saya jg ngalamin hal yang sama gan... Tepat hari ini di atm BNI saya setor uang yg engga sedikit yaitu 3juta tp 200rbu engga lolos, jadi cuma kesetor 2,8jt.struk langsung keluar dan saldo di struk bertambah. Tapi mesin masih muter lama banget dan kartu saya engga keluar2 hampir 10menit. Saya penasaran ke atm sebelahnya buat cek saldo ternyata saldo engga bertambah. Langsung nyesek saya, saya komplen ke security dia suruh telp call center dan call center mau bantu maksimal uang balik lg ke rekening sampe 14hari paling lama.
    Ampun dah nyesek banget karena bukan nominal yg sedikit itu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sharingnya. Dan saya turut prihatin atas apa yang sedang menimpa Mba Yuli, tapi memang begitu Mba kebijakan hampir disemua Bank sama saja ga bisa dipercepat lagi. Jadi sabar aja, karena tetep uang Mba pasti balik..

      Hapus
  11. Saya juga ngalamin mesin bank bni tepat nya. Tgl 1 februari uang sdh masuk ke mesin cdm, saat memilih setor ke tabungan tiba tiba mesin cdm offline, uang tidak keluar yg keluar hanya kartu. Setelah cek ternyata saldo tidak bertambah. Pada saat itu juga langsung telp call center. Di janjian 14 hk. Tanggal jatuh tempo tgl 21 kmrin. Sampai hari ini saya pun belum menerima laporan dari bni. Malah saya yg harus berkali kali me folow laporan saya. Tdi saya tanya lagi skrng masuk tanyakan penyelidikan. Yg saya sesalkan tanggung jawab moril bank Tentang proses nya sampai mana tidak si sampaikan kepada nasabah. waktu saya tanya prosesnya sampai mana, unit mana, siapa yg menangani, akan di laporkan kemana juga susah untuk di dapat. Jawaban nya hanya "akan kami laporkan" .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin atas apa yang Mas Muhammad Ichsan alami, dan semoga permasalahan tersebut akan segera teratasi. Memang hingga saat ini, respon Bank-bank terkait dari laporan nasabah terhadap permasalahan pada mesin-mesin ATM setor tunai terkesan kurang diprioritaskan dan terkesan agak digampangkan. Atau hal itu memang dikarenakan kekurangan atau kelemahan dari sistem perbankan yang dipergunakan kita tidak tahu.

      Akan tetapi, apabila kita, saudara-saudara kita atau teman-teman kita mengalami permasalahan tersebut tetap harus langsung melaporkannya karena untuk saat ini hanya itu cara terbaik yang kita bisa lakukan.

      Hapus
  12. Saya kemarin ngalamin hal yg sama setor tunai dan transaksi berhasil tpi saldo tidak bertambah saya langsung lapor ke CS nya kata CS nya nunggu 3 hari,kalau 3 hari tidak masuk juga saldo nya saya harus datang lagi ke bank tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba Shanty silahkan datang lagi ke Bank tersebut Mba.

      Hapus
  13. Ini saya baru saja mengalaminya. Saya setor tunai ke mesin ATM tapi setelah cek saldo uangnya tidak masuk ke rekening tabungan saya. Saya barusan laporan ke pihak BRI di suruh nunggu 10 hari. Padahal mau lebaran😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin apa yang Mba Shakti Agusthyna. Silahkan ditunggu aja Mba, semoga sebelum 10 hari uangnya sudah masuk ke nomor rekening Mba.

      Hapus
  14. maaf kalau boleh tahu tepat 10 hari atau 10 hari kerja(sabtu, minggu dan libur nasional tdk termasuk) soalnya kasus saya besok tepat 10 hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu ketika saya mengalaminya tepat 10 hari gan, minggu tetap terhitung.

      Hapus

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.